Fasilitas Publik Pelopor Peningkatan Kualitas Lingkungan di Kota Bandung

Fasilitas Publik Pelopor Peningkatan Kualitas Lingkungan di Kota Bandung

Semangat perbaikan kualitas lingkungan melalui fasilitas publik terus disebar oleh kolaborasi bisnis, komunitas Bandung, dan pemerintah Kota Bandung. Kolaborasi tersebut mampu mendorong banyak fasilitas publik untuk menerapkan peningkatan kualitas lingkungan yang mengacu pada Standar Pelayanan Masyarakat di Fasilitas Publik (SPM-FP). Paris Van Java Mall, Masjid Salman, Gereja Paroki Santa Odilia Bandung dan Taman Hutan Rakyat Ir.Juanda juga telah memiliki usaha dalam peningkatan kualitas lingkungan di fasilitas publiknya.

Lokasi Gereja Paroki Santa Odilia yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Garut memungkinkan Gereja ini memiliki jumlah jemaat yang cukup besar. Gereja ini juga berada di satu lokasi dengan rumah sakit dan sekolah sehingga berpeluang untuk melakukan edukasi lingkungan. Gereja Paroki Santa Odilia sejauh ini telah melakukan edukasi secara terus menerus kepada jemaatnya untuk mengurangi sampah kemasan. Salah satunya adalah apabila terdapat pertemuan, Gereja Odilia mengedukasi setiap jemaat untuk membawa wadah makanan/minumannya sendiri. Pengelola gereja juga memiliki usaha yang kuat untuk memilah sampah di Odilia berdasarkan jenisnya. Hal tersebut di informasikan kepada pengunjung dengan papan informasi yang mudah dipahami di depan gereja. Selain itu, gereja ini juga akan melakukan edukasi secara rutin mengenai lingkungan dalam kajian-kajian ibadahnya sehingga mampu meningkatkan kepedulian jemaat terhadap lingkungan.

Lain halnya dengan Taman Hutan Rakyat (Tahura) Ir.Juanda memiliki luas hingga 528.39 Ha. Tahura ini bermanfaat sebagai salah satu daerah penghasil air untuk masyarakat sekitar, pembangkit listrik (PLN), dan sumber air baku PDAM untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Bandung Raya. Selain itu, beberapa tempat wisata di daerahTahura ini juga sangat bergantung dengan keberlanjutan ekosistem di Tahura ini. Oleh karena itu, Balai Pengelolaan Taman Hutan Rakyat (Tahura) Ir. Juanda bekerja sama dengan paramitra sedang berusaha meningkatkan kualitas lingkungan di Tahura demi menjaga keberlanjutan. Tahura Ir.Jaunda telah melakukan beberapa kegiatan seperti membentuk forum Tahura Se-Indonesia, melakukan pemberdayaan masyarakat, melakukan pembersihan Sungai Cikapundung hulu bersama dengan mitra, dll. KedepannyaTahura Ir.Juanda akan melakukan perbaikan fasilitas wisata dan edukasi serta informasi sehingga mampu meningkatkan kepedulian masyarakat untuk menjaga kelestarian Tahura Ir.Juanda.

Inisiatif lebih detil oleh PVJ Mall dan Masjid Salman dalam perbaikan kualitas lingkungan mengacu pada SPM-FP disampaikan pada factsheet terpisah. SPM-FP merupakan standar yang dikeluarkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Sumber foto : https://tempatwisatadibandung.info/taman-hutan-raya-juanda-bandung/