Paris Van Java (PVJ) Mall Bandung Role Model Peningkatan Kualitas Lingkungan di Pusat Perbelanjaan

Paris Van Java (PVJ) Mall Bandung Role Model Peningkatan Kualitas Lingkungan di Pusat Perbelanjaan

Berbisnis bukan berarti abai terhadap lingkungan. PVJ Mall menunjukkan sebagai pengelola fasilitas publik pusat perbelanjaan juga dapat berkontribusi terhadap perbaikan kualitas lingkungan. Uniknya, PVJ Mall bukan hanya menyediakan fasilitas yang nyaman dan menarik untuk pengunjung tetapi juga menyediakan sarana serta edukasi perbaikan lingkungan yang berkelanjutan. Konsep pusat perbelanjaan ini dibuat outdoor sehingga mampu memanfaatkan sinar matahari untuk penerangan dan memiliki sirkulasi udara yang baik.

Perbaikan kualitas lingkungan di pusat perbelanjaan ini sangat didukung oleh pimpinan sekaligus pemilik PVJ Mall. Beliau mengamanahkan hal tersebut kepada tiga srikandi PVJ yang dipimpin oleh Bu Rahma selaku Kepala Bagian Operasional. Inisiatif PVJ juga didukung oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandung dan Bandung Clean Action sebagai pendamping pelaksanaan. Kolaborasi yang terjalin ini memungkinkan para pihak untuk saling melengkapi.

Dalam pengelolaan sampah, Bu Rahma dan tim telah mengintegrasikan antara sumber penghasil sampah dengan tempat pengolahan dan pembuangan sampah. Pedagang atau tenant diedukasi satu per satu oleh Bu Rahma dan timnya untuk bertanggungjawab atas sampahnya masing-masing. Bahkan petugas pengangkut sampah tidak akan mengangkut sampah jika sampah tersebut tidak terpilah. Hal tersebut perlahan menjadi kebiasaan yang dilakukan oleh semua tenant yang ada di PVJ sehingga volume sampah yang keluar dari PVJ bisa menurun dengan signifikan.

Di Paris Van Java, sampah non-organik yang masih bernilai jual akan masuk ke Bank Sampah yang dikelola oleh pihak ketiga. Sedangkan, sampah organik akan diolah menjadi kompos, pakan ikan, pupuk cair, dan gas metan. Kompos dan pupuk cair hasil pengolahan samopah organik digunakan oleh PVJ sebagai media tanam berbagai macam tanaman yang menghiasi roof top garden dan pakan ikan digunakan sebagai makanan untuk ternak lele.

Selain itu, pengelola PVJ juga telah mengganti seluruh lampu yang digunakan dengan lampu LED yang lebih hemat dan tahan lama dalam penggunaannya. Paris Van Java menunjukkan kesungguhannya dalam mewujudkan perbaikan kualitas lingkungan dengan berkomitmen untuk menggunakan Standar Pelayanan Masyarakat di Fasilitas Publik (SPM-FP).

Standar Pelayanan Masyarakat di Fasilitas Publik (SPM-FP) ini mendukung dan memfasilitasi usaha perbaikan kualitas lingkungan di fasilitas publik, khususnya pusat perbelanjaan. Hal tersebut sejalan dengan pencapaian tujuan pembangunan bertanggung jawab yang tercantum dalam Perpres No.59 Tahun 2017 sehingga kedepannya, Paris Van Java bisa menjadi role model peningkatan kualitas lingkungan di pusat perbelanjaan dan menyebarkan semangatnya ke seluruh Indonesia.