Batik Darlingku (Bimbingan Teknis Elektronik Lingkungan Hidup dan Kehutanan) tentang Pengenalan SNI ISO 14001:2015 Sistem Manajemen Lingkungan

Batik Darlingku (Bimbingan Teknis Elektronik Lingkungan Hidup dan Kehutanan) tentang Pengenalan SNI ISO 14001:2015 Sistem Manajemen Lingkungan

IMG-20171122-WA0022

Teknologi informasi berperan penting dalam menunjang aktivitas sehari-hari terutama yang membutuhkan dukungan internet. Kelebihan menggunakan internet yaitu dapat diakses dimana saja. Salah satu aplikasi yang mendukung proses pembelajaran secara terbuka adalah Udemy (udemy.com) yang dikenal dengan MOOC (Massive Open Online Course). Udemy adalah sebuah aplikasi tentang proses belajar mengajar secara online. Udemy merupakan sarana yang menunjang bagi siapapun yang memerlukan kursus tetapi memiliki keterbatasan waktu dan tempat karena udemy dapat diikuti ketika ada waktu luang dimana saja.

Dalam rangka memperluas jangkauan diseminasi standar, Pusat Standardisasi Lingkungan dan Kehutanan telah mengembangkan Bimbingan Teknis Elektronik Standardisasi Lingkungan dan Kehutanan (Batik Darlingku). Materi bimbingan teknis yang telah siap dimanfaatkan adalah Pengenalan Sistem Manajemen Lingkungan SNI ISO 14001:2015 dan dapat diikuti secara gratis, syaratnya hanya melakukan login menggunakan akun email pada website Udemy. Bimbingan teknis online ini sangat tepat untuk diikuti oleh personil organisasi yang akan memimpin atau akan menjadi anggota tim inti penerap SML. Manfaat dalam mengikuti bimtek elektronik tersebut adalah peserta akan dapat menjelaskan konsep dan manfaat SML kepada organisasi serta dapat menyampaikan hal praktis yang harus dilakukan organisasi untuk memulai penerapan SML. Materi bimbingan teknis online tersebut dapat diakses pada link berikut : https://www.udemy.com/pengenalan-sml/ atau bit.ly/BatikDarlingkuSML.

Bimbingan teknis online pengenalan sistem manajemen lingkungan terdiri dari 6 section dan 16 lecture. Section tersebut terdiri Pengantar, Konsep SML, SNI ISO 14000 series, Manfaat Kinerja Bisnis, Hal Praktis untuk memulai SML, dan Kesimpulan.