1 Juni 2020, Registrasi LPJP Amdal Dilayani secara Online

Salah satu upaya untuk memperbaiki kualitas lingkungan termasuk kehidupan manusia adalah melalui pengembangan instrument pengendalian dan pemantauan pelaksanaan pengelolaan lingkungan hidup. Pencapaian kualitas lingkungan yang kita kehendaki tidak terlepas dari peran pelaku dan penyedia jasa pengelolaan lingkungan yang profesional.
Registrasi adalah salah satu instrument pengendalian penerapan standar berupa pendaftaran Lembaga penyedia jasa yang telah memenuhi persyaratan tertentu. Sasaran dari sistem tersebut adalah penyediaan dan perluasan akses informasi terhadap para penyedia jasa yang kompeten dan kredibel yang diperlukan bagi stakeholder, yang sekaligus dapat memberikan nilai tambah bagi pelaku jasa itu sendiri sehingga dapat bersaing secara global dan dapat menciptakan iklim usaha jasa pengelolaan lingkungan yang kondusif.

KLHK telah melakukan sistem registrasi bagi Lembaga Penyedia Jasa Penyusunan Dokumen (LPJP) AMDAL sejak tahun 2010 berdasarkan Peraturan MENLH No. 07 Tahun 2010. Dalam kurun waktu tersebut, kami juga telah memberi muatan perangkat pengelolaan lingkungan yang praktikal dari sisi teknis dan manajemen yang dikemas melalui standardisasi dan best practice.

Terhitung mulai tanggal 1 Juni 2020, pelaksanaan registrasi LPJP AMDAL dapat dilayani secara online oleh Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) KLHK. Berikut link materi sosialisasi terkait pelaksanaan registrasi LPJP AMDAL online.

Asset 1