B.2. Registrasi Jasa Pengelolaan Lingkungan

Jasa Pengelolaan Lingkungan adalah Lembaga/perusahaan penyedia jasa dibidang perlindungan pengelolaan lingkungan hidup yang telah memenuhi persyaratan registrasi. Kelompok jasa yang teregistrasi adalah:

B.2.1 Registrasi Lembaga Penyedia Jasa Penyusun Dokumen AMDAL 

Registrasi yang dilaksanakan berdasarkan amanat dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 07 Tahun 2010 tentang Sertifikasi Kompetensi Penyusun Dokumen Amdal dan Persyaratan Lembaga Pelatihan Kompetensi Penyusun Dokumen AMDAL. Sistem registrasi merupakan dukungan terhadap pelaksanaan penyusunan dokumen AMDAL yang kompetenm kredibel, dan akuntabel yang diperlukan bagi stakeholder. Sasaran sistem registrasi dimaksudkan untuk penyediaan dan pemberdayaan penyusun AMDAL secara nasional dan juga berfungsi sebagai alat kendali atau pengawasan terhadap pelaksanaan penyusunan dokumen AMDAL oleh LPJP.
Pustanlinghut

B.2.2. Registrasi Lembaga Penyedia Jasa Audit Lingkungan Hidup 

Registrasi dilaksanakan berdasarkan amanat dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 03 Tahun 2013 tentang Audit Lingkungan. Sistem registrasi terhadap Lembaga penyedia jasa audit LH  merupakan dukungan terhadap pelakanaan audit lingkungan hidup yang kompeten, kredibel dan akuntabel. Registrasi berupa pendaftaran bagi Lembaga penyedia jasa audit LH yang telah  memenuhi persyaratan sebagaimana tercantum dalam peraturan Menteri tersebut. Sasaran dari system tersebut adalah penyediaan dan perluasan akses informasi terhadap para penyedia jasa yang kompeten, kredibel dan akuntabel yang diperlukan bagi stakeholder dan juga berfungsi sebagai alat kendali atau pengawasan terhadap pelaksanaan penyusunan dokumen AMDAL oleh LPJP. Daftar LPJ Audit LH selama lima tahun sebagai berikut.

B.2.3. Registrasi Lembaga Sertifikasi Bangunan Ramah Lingkungan

Registrasi dilaksanakan berdasarkan amanat dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 08 Tahun 2010 tentang Sertifikasi Bangunan Ramah Lingkungan. Registrasi ini merupakan dukungan terhadap pelaksanaan sertifikasi bangunan ramah lingkungan (greenbuilding) yang ditetapkan aturannya oleh Kementerian PUPR dan Peraturan Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta.