TEKNOLOGI RAMAH LINGKUNGAN

Teknologi Ramah Lingkungan adalah teknologi yang dalam pembuatan dan penerapannya menggunakan bahan baku yang ramah lingkungan, proses yang efektif dan efisien dan mengeluarkan limbah yang minimal sehingga dapat mengurangi dan mencegah terjadinya pencemaran atau kerusakan lingkungan hidup.

Teknologi Ramah Lingkungan memenuhi persyaratan:

  • Pemenuhan terhadap regulasi
  • Efisien dalam penggunaan sumber daya (air, energi, penggunaan bahan baku, pengunaan bahan kimia)

 

Pusat Standardisasi Lingkungan dan Kehutanan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengembangkan Sistem Verifikasi Teknologi Ramah Lingkungan. Verikasi dilakukan oleh Komite Teknis Verifikasi Teknologi Ramah Lingkungan yang beranggotakan dari instansi pemerintah (KLHK, Kementerian Kesehatan, Kementerian Perindustrian, LIPI, BPPT) dan praktisi dari Swasta (KADIN) maupun asosiasi (Asosiasi Pengendali Pencemaran Lingkungan Indonesia, Ikatan Auditor Teknologi Indonesia). Verifikasi dilakukan terhadap klaim kinerja ramah lingkungan dari teknologi yang diajukan oleh perusahaan penyedia teknologi.

Perusahaan penyedia teknologi dapat mengajukan teknologi dengan klaim kinerja  ramah lingkungan mengikuti skema verifikasi teknologi ramah lingkungan.

 

SKEMA VERIFIKASI TEKNOLOGI RAMAH LINGKUNGAN

SKEMA VERIFIKASI TEKNOLOGI RL

PENGAJUAN PERMOHONAN

Perusahaan dapat mengajukan permohonan verifikasi teknologi ramah lingkungan kepada Pusat Standardisasi Lingkungan dan Kehutanan, KLHK melalui surat disertai dokumen pendukung yang menunjang klaim kinerja teknologi yang akan dilakukan verifikasi. Formulir dan panduan dapat diunduh pada tautan di bawah ini (klik di setiap tautan):

 

HASIL VERIFIKASI

Hasil dari verifikasi teknologi akan dituangkan dalam Surat Registrasi Teknologi dengan Klaim Ramah Lingkungan yang diterbitkan oleh Sekretariat Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Informasi mengenai daftar teknologi ramah lingkungan terverifikasi dimuat dalam halaman web ini. (Daftar Registrasi Teknologi Ramah Lingkungan)

Perusahaan penyedia teknologi yang teknologinya telah teregistrasi wajib melaporkan aplikasi penerapan dari teknologi tersebut 6 bulan sekali sejak diterbitkannya Surat Registrasi Teknologi dengan Klaim Ramah Lingkungan. Form laporan dan petunjuk pengisian dapat diunduh pada tautan di bawah ini (klik di setiap tautan):