TENTANG BATIK DARLINGKU

BATIK DARLINGKU

(Bimbingan Teknis Elektronik Standardisasi Lingkungan Hidup dan Kehutanan)

 

batikdarlingku2

Batik Darlingku merupakan sistem bimbingan teknis yang dilaksanakan menggunakan media elektronik/online dengan suatu open platform. Open platform tersebut adalah udemy.com dengan sistem MOOC (Massive Open Online Course). Batik Darlingku fokus menyajikan bimtek dengan materi standar pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan yang telah diterbitkan dan sangat dibutuhkan masyarakat penerap standar, baik SNI (Standar Nasional Indonesia) maupun SPM-FP (Standar Pelayanan Masyarakat pada Fasilitas Publik).
Sebagai instansi pemerintah yang memiliki tugas dan fungsi menyiapkan perumusan dan pelaksanaan kebijakan standardisasi pengelolaan lingkungan dan kehutanan, maka pemberian bimtek standar dengan alternatif online merupakan aspek penting dalam mengoptimalkan jangkauan disemintasi standar yang diterbitkan.

Tujuan/manfaatnya secara umum adalah penyederhanaan proses berlangsungnya program bimbingan teknis terkait materi standar pengelolaan lingkungan dan kehutanan yang praktis, efektif dan efisien, dengan rincian manfaat sebagai berikut:

  1. Waktu pelaksanaan lebih fleksibel dan frekuensi pelaksanaan bimtek meningkat.
  2. Tidak membutuhkan ruang pertemuan yang luas bagi bimtek online.
  3. Tidak membutuhkan biaya penyelenggaraan bimtek yang tinggi (hemat anggaran, ATK, peserta kit).
  4. Permasalahan SDM seperti overlap jadwal narasumber, jumlah penyelenggara/panitia dapat teratasi serta peserta dapat sesuai target.
  5. Materi bimtek dapat lebih dipahami karena sesuai modul yang ditetapkan dan pemahaman lebih meningkat.

Tujuan/manfaat internal (bagi Pustanlinghut) adalah peningkatan kualitas pelayanan publik sesuai area perubahan ke-8 dalam tujuan Reformasi Birokrasi

  1. Sarana untuk meningkatkan kinerja Pustanlinghut melalui pemberian bimbingan teknis bagi penerap standar pengelolaan lingkungan dan kehutanan.
  2. Sarana untuk mengoptimalkan/memperluas jangkauan diseminasi standar.
  3. Sarana untuk evaluasi pemberian bimbingan teknis.

Tujuan/manfaat eksternal

  1. Bagi BSN, Unit kerja KLHK terkait, K/L terkait dan Pemda terkait : sebagai bahan pembinaan terhadap organisasi/lembaga penerap standar.
  2. Bagi Akademisi dan Praktisi : mempermudah sistem sharing knowledge dan informasi terkait materi standar pengelolaan lingkungan dan kehutanan, terutama dalam hal fleksibilitas jadwal dan waktu.
  3. Bagi Pelaku Usaha dan LSM/NGO : mempermudah pemahaman materi/modul bimtek dan menghemat biaya, waktu, serta tenaga.

BERKOLABORASI DALAM BATIK DARLINGKU

Bagi seluruh organisasi/personal yang ingin bergabung sebagai instruktur dalam pembelajaran online di udemy, dapat langsung mendaftar di udemy.com dan melengkapi seluruh persyaratan yang ada. Jika course tersebut ingin menjadi bagian dari paket Batik Darlingku, organisasi/personal dapat menghubungi Pusat Standardisasi Lingkungan dan Kehutanan dalam bersama-sama menyusun matriks target peserta, tujuan bimtek, dan kurikulum bimbingan teknis dalam bentuk kursus online.

Beberapa langkah yang telah kami rangkum untuk membuat platform di udemy adalah sebagai berikut :

  1. Membuat matriks target peserta dan tujuan bimtek
  2. Membuat kurikulum course
  3. Mempersiapkan perlengkapan untuk membuat video
  4. Melakukan pembuatan video
  5. Melakukan uji video ke udemy.com
  6. Melengkapi course landing page
  7. Menentukan harga dan kupon
  8. Membuat pesan otomatis
  9. Melengkapi dan mengatur course

Udemy.com

Udemy adalah pasar global untuk belajar dan mengajar secara online sehingga siswa dapat menguasai keterampilan baru dan mencapai tujuan mereka dengan belajar dari perpustakaan ekstensif dengan lebih dari 55.000 kursus yang diajarkan oleh instruktur ahli. Setiap orang dapat menjadi instruktur atau pengajar di udemy dengan mendaftar pada akun udemy.com. Akun ini dibuka untuk umum dan dapat di akses melalui komputer ataupun handphone. Sistem pada udemy mengadopsi sistem Massive Open Online Course (MOOC). Sebuah Massive Open Online Course (MOOC) adalah sistem pembelajaran berupa kursus online secara besar-besaran dan terbuka dengan tujuan untuk memungkinkan partisipasi tak terbatas dan dapat diakses melalui web. Selain menyediakan materi kursus tradisional seperti video, pembacaan dan pembahasan masalah, MOOCs juga menyediakan forum pengguna interaktif yang membantu dalam membangun komunitas untuk mahasiswa, dosen, dan asisten pengajar (TA). MOOCs merupakan perkembangan terbaru dalam hal pendidikan jarak jauh (e-Learning). Instruktur yang menyediakan kursus dapat menggratiskan jasa pengajaran yang mereka buat. Namun, instruktur juga dapat menentukan harga yang harus dibayarkan oleh siswa.