COMMUNITIES OF PRACTICE SDG 12 INDONESIA, SUSTAINABLE CONSUMPTION AND PRODUCTION (SCP)

Apa itu Communitie of Practice SDG 12 Indonesia, Sustainable Consumption and Production (SCP) 
Indonesia merupakan salah satu negara yang menjadi negara pendukung resolusi pada Sidang Ke-4 PBB tentang Lingkungan Hidup untuk mendorong agenda global konsumsi dan produksi yang bertanggungjawab (SCP/SDGs 12). Kata kunci dari prinsip yang diajukan Indonesia dalam berbagai forum internasional untuk memajukan konsumsi dan produksi berkelanjutan di tingkat tapak, seperti “pendekatan sistematik dan operasional”, “integratif”, “mulai dari yang sederhana dan lakukan perbaikan berkelanjutan”, “inklusif dan usaha bersama”, dan “pendekatan dari bawah ke atas”, telah diakomodasi pada beberapa paragraf dalam resolusi Sidang Ke-4 PBB tentang Lingkungan Hidup (4th Session of United Nations Environment Assembly/UNEA-4) adalah berkaitan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan ke -12 (SDGs 12) konsumsi dan produksi yang bertanggungjawab dengan judul Innovative pathways to achieve Sustainable Consumption and Production (SCP).

Salah satu isi resolusi tersebut mendorong praktek konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab diperluas di masyarakat melalui tersedia informed choices tentang praktek (menu aksi praktis) SCP yang mudah dilakukan para pihak dan berkembangnya inovasi praktek SCP yang bottom-up dari tingkat tapak sehingga menjadi Community of Practices yang meluas. Hal ini juga merupakan bagian dalam mendukung pengembangan SDM dengan citizenship yang ditunjukkan dengan berperilaku konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab dan sejalan dengan fokus pembangunan jangka menengah 2020-2024.

Apa kegunaan pembangunan Community of Practices Indonesia
Melalui kompilasi inovasi/inisiatif praktek SCP untuk menjadi bahan awal menu aksi praktis SCP yang dimiliki Indonesia dan akan menjadi informasi publik yang dimanfaatkan untuk:
a. Dipergunakan oleh para pihak yang akan memulai praktek SCP yang praktis dan operasional di tingkat tapak,
b. Dipilih oleh pemerintah daerah untuk menyusun rencana aksi daerah untuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) khususnya terkait Tujuan 12 (SCP),
c. Menjadi contoh bagi negara ASEAN dalam memajukan pelaksanaan SCP dan dipresentasikan pada ASEAN Forum on SCP pada tahun 2020. ASEAN Forum on SCP rencananya akan dilaksanakan secara back-to-back pada ASEAN Senior Official on Environment (ASOEN) di Vietnam tahun 2020, dan
d. Disiapkan sebagai bahan laporan Indonesia di UNEA-5 tahun 2021 sebagai tindak lanjut hasil UNEA-4.