MENDAPATKAN STANDAR

Untuk mendapatkan/mengakses dokumen Standar Nasional Indonesia (SNI) dapat dilakukan dengan mengakses layanan dari Badan Standardisasi Nasional (BSN) berikut:

 1. Akses SNI

 

BSN melalui laman web https://akses-sni.bsn.go.id menyediakan kemudahan akses membaca dokumen SNI secara full text dalam format flip book. Namun, untuk SNI hasil adopsi badan standar asing tertentu tidak dapat disediakan melalui laman web tersebut karena terkait peraturan hak cipta dan publikasi di masing-masing Organisasi Pengembangan Standar.

 

Untuk dapat menikmati layanan Akses SNI secara optimal diharuskan melakukan Registrasi/login terlebih dahulu. Registrasi dilakukan dengan mengisi data sesuai dengan yang ada pada form registrasi akun dengan benar.

 

2. Sistem Informasi Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SISPK)

 

Setelah SNI ditetapkan, dokumen SNI dapat diunduh di laman SISPK https://sispk.bsn.go.id (berlaku hingga satu tahun setelah SNI ditetapkan). Namun, untuk SNI hasil adopsi badan standar asing tertentu tidak disediakan dokumennya di laman tersebut karena terkait peraturan hak cipta dan publikasi di masing-masing Organisasi Pengembangan Standar.

 

Untuk dapat mengunduh dokumen SNI di laman tersebut diharuskan melakukan Registrasi/login terlebih dahulu. Registrasi dilakukan dengan mengisi data sesuai dengan yang ada pada form registrasi akun dengan benar.

 

3. Layanan Dokumen Standar

 

BSN menyediakan layanan dokumen standar berbasis e-commerce melalui laman Pesta Online (Pemesanan Standar Online) https://pesta.bsn.go.id dalam rangka memudahkan pengguna dalam memesan dokumen SNI maupun Non-SNI (Standar asing/internasional).