#GOODEVENT

STANDAR X #Goodevent

Untitled Untitled1

Masyarakat penikmat event perlu berperan aktif dalam mewujudkan penyelenggaraan event yang berkelanjutan. Pendekatan yang dilakukan oleh standar X #goodevent yaitu melalui pengkondisian secara ideal dari sebuah event/festival berdasarkan analisis dampak lingkungan yang akan terjadi. Salah satu tolak ukur keberhasilan dari event yang berkelanjutan adalah adanya kepekaan sosial yang terjadi antara masyarakat dengan lingkungannya dari fase pra hingga pasca event . Standar X #Goodevent dikembangkan dengan sistem bottom up untuk mencerminkan masyarakat setempat sebagai aktor utama yang menjadi garda terdepan sebuah perubahan di sebuah kawasannya sehingga lingkungan di tempatnya bisa terjaga kelestarian dan keindahannya.

Standar X #Goodevent merupakan standar event berkelanjutan yang komunikatif, practicable, dan mengacu ke SNI ISO 20121:2017 tentang Sistem Manajemen Event Berkelanjutan – Persyaratan dengan Panduan Penggunaan. Standar X #Goodevent memastikan penyelenggara acara bertanggung jawab meminimalisir potensi kerusakan lingkungan dan berorientasi pada keberlanjutan dengan 3 prinsip dasar, 6 kriteria, dan 11 indikator. Terdapat 3 (tiga) parameter dalam Standar X #Goodevent yang membedakan tingkat kualitas kelas penerapan per masing-masing indikator standar, yaitu 1) parameter basic, 2) parameter intermediate, dan 3) parameter advance. Pilihan parameter yang akan digunakan oleh penyelenggara acara pada event yang diselenggarakan menggambarkan komitmen masing-masing penyelenggara acara terhadap upaya ramah lingkungan dan berkelanjutan pada event tersebut.

Ketiga prinsip dasar Standar X #Goodevent yaitu (1) meminimalisasi potensi sampah dengan mendukung sirkular ekonomi, (2) pengaturan mobilitas/transportasi untuk kelancaran lalu lintas dan (3) kabarkan kebaikan yang inspiratif untuk memotivasi hadirnya kebaikankebaikan baru di berbagai tempat lainnya untuk kelestarian alam dan lingkungan. Keenam kriteria Standar X #Goodevent yaitu (1.1) timbulan sampah ke tpa, (1.2) perubahan perilaku, (2.1) tidak terjadi kemacetan, (2.2) tidak terjadi parkir di luar area yang ditetapkan, (3.1) menyampaikan pesan tentang prinsip 1 dan prinsip 2 yang mendukung konten acara, dan (3.2) terbentuknya citra penyelenggara acara yang berpihak pada lingkungan. Sebagai seri pertama dari Standar X series, standar X #Goodevent telah dilaunching pada tanggal 22 Februari 2018 oleh KLHK, Cleanaction Network, dan Kementerian Pariwisata.

Pada tanggal 14 September 2018 telah dilaksanakan sosialisasi penerapan skema standar X #Goodevent yang dilanjutkan dengan role model penerapan Standar X #goodevent dalam kegiatan Bandung Seribu Sepeda pada tanggal 16 September 2018 di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat. Selain itu, pada tanggal 28 Oktober 2018 Standar X #goodevent juga telah diterapkan pada kegiatan Cross Country Eco Cycling Bersepeda di Jantung Borneo II dalam rangkaian acara Festival Danau Sentarum 2018 di Sri Aman, Malaysia dan Lanjak, Indonesia.

Berita yang terkait dengan #goodevent dapat dilihat pada link dibawah ini :

  1. Bersepeda di Jantung Borneo II Jadi Pionir Pelaksanaan Standar X #GoodEvent di Indonesia (Sumber : pontianak.tribunnews.com)
  2. KLHK dan Kemenpar Dorong Standarisasi “Event” yang Ramah Lingkungan (Sumber : kompas.com)
  3. Bersepeda di Jantung Borneo, Tanabentarum Raih Standar X #GoodEvent (Sumber : channeltujuh.com)
  4. Pariwisata Harus Ramah Lingkungan (Sumber : traveling.bisnis.com)