MASARO ITB

MASARO ITB
Alamat: Bandung; Jumlah anggota: ; Fokus utama organisasi: Manajemen Sampah Zero; Tanggal berdiri: 16 Januari 2017; email. mitraiqro@yahoo.com
Narahubung : 0811228448 (A. Zainal Abidin)
Nama kegiatan : Manajemen Sampah Zero
Target : 12.5. kurangi timbulan sampah
Dimulai Tanggal : 01/01/2014

Penjelasan kegiatan:
MASARO (Manajemen Sampah Zero) adalah suatu sistem pengelolaan sampah yang mampu mengubah sampah yang dianggap tidak bernilai dan sumber masalah menjadi produk yang bernilai jual tinggi. Dengan penerapan MASARO, paradigma pengolahan sampah dapat diubah, dari yang tadinya kumpul-angkut-buang menjadi pilah-angkut-proses-jual dan cost center menjadi profit center.

Untuk mewujudkannya, MASARO mengategorikan sampah menjadi 4 kelompok, yaitu:
1. Sampah Membusuk, akan diolah menjadi pupuk cair, konsentrat pakan cair, pakan ternak padat, dan media tanam polybag MASARO yang terbukti memberikan hasil yang lebih baik dibanding pupuk kimia dan kohe.
2. Sampah Plastik Film, akan diolah menjadi Bahan Bakar Minyak (BBM) yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar kecil.
3. Sampah Daur Ulang, akan diserahkan langsung ke pengepul atau ke ADUPI dan APDUPI untuk dikelola.
4. Sampah Waste to Energy (WTE), akan dimanfaatkan energi panasnya untuk membantu proses konversi sampah plastik film menjadi BBM.

Pelaksanaan MASARO dapat merubah pola pikir masyarakat yang semula menganggap sampah sebagai beban menjadi sampah sebagai aset berharga. Diterapkannya MASARO di suatu lingkungan masyarakat dapat memajukan perekonomian warga setempat, membantu pemda dalam pengelolaan sampah dan menghemat anggaran, serta memajukan kegiatan pertanian, peternakan, dan perikanan hingga ke daerah-daerah sekitarnya.

Jangkauan penerima manfaat : lingkungan masyarakat yang menerapkan, pemda setempat, asosiasi pertanian dan peternakan, petani dan peternak, pengepul dan industri daur ulang.

Rencana kedepan : Rencana ke depan adalah untuk mengembangkan inovasi dari kegiatan sehingga dapat menjangkau masyarakat luas.