IDENTIFIKASI KONDISI AWAL DAN REGISTRASI KOMITMEN

1. Identifikasi Kondisi Awal Secara Mandiri

Pada tahapan ini, pengelola fasilitas publik melakukan identifikasi kondisi awal (self assessment baseline) fasilitas publiknya secara mandiri. Identifikasi kondisi awal adalah penilaian kesesuaian yang dilakukan oleh pengelola fasilitas publik untuk memudahkan fasilitas publik mengidentifikasi pemenuhan kriteria SPM-FP sehingga mampu merencanakan penerapan SPM-FP sesuai kemampuan dan kebutuhan dari fasilitas publik.

Identifikasi kondisi awal dilakukan dengan :

a) mengunduh (download) berkas elektronik (softcopy) Tabel Identifikasi Kondisi Awal secara Mandiri (self assessment baseline) pada link download yang telah disediakan dibawah ;

b) mengisi Tabel Identifikasi Kondisi Awal;

c) menyimpan Tabel Identifikasi Kondisi Awal dalam format excel dan diberi nama TabelBaselineSPM-FP_NamaFasilitasPublik_Tanggal.xlsx (contoh: TabelBaselineSPM-FP_Pasar Kosambi Bandung_17Okt2017.xlsx);

d) Formulir hasil evaluasi dalam bentuk softcopy ini kemudian akan diunggah (upload) dalam proses registrasi komitmen secara online;

e) mengidentifikasi aksi-aksi peningkatan lingkungan yang telah/sedang dilakukan;

f) mengidentifikasi aksi-aksi peningkatan lingkungan yang dapat dilakukan di fasilitas publik;

g) menetapkan paket penerapan SPM-FP yang akan dilakukan.

2. Registrasi Komitmen

Setelah pengelola menetapkan aksi peningkatan kualitas lingkungan sesuai dengan paket penerapan yang terdapat dalam SPM-FP dan berkomitmen untuk melakukan peningkatan kualitas lingkungan, pengelola dapat melakukan registrasi komitmen tersebut kepada Pusat Standardisasi Lingkungan dan Kehutanan.

Dalam surat pernyataan komitmen yang telah disediakan, terdapat penyataan bahwa pengelola fasilitas publik telah berkomitmen dalam menerapkan SPM-FP dengan pilihan paket penerapan sesuai kemampuan dan kebutuhan. Surat pernyataan ini ditandatangani oleh pimpinan puncak organisasi untuk menunjukkan bahwa pelaksanaan aksi telah didukung oleh pimpinan. Surat pernyataan komitmen ini dilampirkan dalam formulir pendaftaran online. Surat pernyataan ini juga dapat didownload pada link yang telah disediakan dibawah.

Langkah-langkah registrasi komitmen SPM-FP sebagai berikut:

a) Mengisi Formulir registrasi atau formulir pendaftaran secara online pada kolom formulir yang telah disediakan dibawah. Formulir ini berisi biodata fasilitas publik yang akan menerapkan SPM-FP (Catatan : saat melakukan pendaftaran online harap menggunakan akun google mail, 1 (satu) akun google mail hanya dapat digunakan untuk 1 (satu) kali pendaftaran;

b) Mengunggah (upload) berkas elektronik (softcopy) Tabel Identifikasi Kondisi Awal (self assessment baseline);

c) Mengunggah (upload) berkas elektronik (softcopy) Surat Pernyataan Komitmen yang yang telah diisi, ditandatangani, dan dipindai (scan) dalam format .pdf dan diberi nama SuratKomitmen_NamaFasilitasPublik_Tanggal.pdf
(contoh: SuratKomitmen_Pasar Kosambi Bandung_17Okt2017.pdf);

d) Fasilitas publik akan mendapatkan konfirmasi dan mendapatkan nomor Fasilitas Publik yang akan dipakai kemudian pada saat melakukan Registrasi Klaim Sendiri secara daring (online).

 

File dapat diunduh (download) pada link dibawah ini :

  1. Tabel Identifikasi Kondisi Awal
  2. Surat Pernyataan Komitmen

 

Formulir Pendaftaran Secara Online dapat diisi pada kolom dibawah ini.

Untuk masuk pada tahap penerapan SPM-FP silahkan klik pada link berikut : Penerapan SPM-FP.