SIALANG SNI

KAJI ULANG Standar Nasional Indonesia (SNI) Sektor Lingkungan dan Kehutanan

SIALANG SNI merupakan sistem informasi yang disediakan oleh Pustanlinghut KLHK untuk melibatkan stakeholders dalam kegiatan kaji ulang SNI sektor lingkungan hidup dan kehutanan. SIALANG sendiri memiliki arti sarang lebah di hutan. Sarang lebah ini biasanya terdapat di sebuah pohon yang tinggi dan besar, biasanya merupakan jenis pohon kempas (Koompassia excelsa). Satu pohon kempas bisa memiliki sialang lebih dari 50 buah. Pohon ini oleh masyarakat dianggap sebagai pohon yang berharga karena sialang-sialang yang terdapat pada pohon tersebut menghasilkan produk lebah terutama madu yang memberikan banyak manfaat. Madu inilah yang menjadi salah satu sumber pendapatan masyarakat di dalam dan sekitar hutan.

Sialangbee

Kaji ulang SNI adalah pengecekan isi dan format SNI untuk ditetapkan kembali, diubah, atau diabolisi dalam rangka menjaga kesesuaian SNI terhadap kepentingan nasional dan kebutuhan pasar, mengikuti perkembangan IPTEK, menilai kelayan dan kekiniannya, serta menyesuaikan dengan ketentuan penulisan SNI. Kaji Ulang SNI dilakukan terhadap SNI yang telah berumur lebih dari 5 tahun atau SNI tersebut sudah tidak sesuai dengan perkembangan IPTEK dan kepentingan nasional serta kebutuhan pasar.

Kaji Ulang sangat membutuhkan partisipasi stakeholders terkait sehingga tujuannya dapat tercapai sehingga. Tersedianya SIALANG SNI diharapkan dapat meningkatkan kesempatan stakeholders terlibat dalam kegiatan Kaji Ulang SNI. Stakeholders dapat memberikan masukan dan informasi terkait SNI yang akan dikaji setiap tahunnya, yaitu pada Bulan Februari hingga Agustus.

Untuk mengetahui proses sistem informasi silahkan download manual book disini.

SNI yang akan dikaji ulang dapat dilihat pada link dibawah ini :

1. SNI Perbenihan Tanaman Hutan

2. SNI Pembibitan Tanaman Hutan

3. SNI Pengelolaan Hutan

Untuk membaca dokumen SNI secara utuh (full text) silahkan user mengakses link berikut : http://akses-sni.bsn.go.id/

Selanjutnya bagi stakeholder yang akan berpartisipasi dalam kaji ulang SNI Sektor Lingkungan dan Kehutanan silahkan mengisis formulir berikut ini :