STANDAR X DAN D

STANDAR X

Untitled

Standar X series (Standar eXperiential Series) merupakan salah satu inovasi Pusat Standardisasi Lingkungan dan Kehutanan (Pustanlinghut) KLHK sebagai bentuk dukungan pemerintah terhadap praktek-praktek berkelanjutan yang aplikatif di masyarakat untuk dikembangkan menuju skema standardisasi. Pada tahun 2018, telah terdapat 3 jenis Standar X, yaitu Standar X #goodevent, Standar X Zero Waste to Landfill (ZWTL), dan Standar X Jasa Klining Ramah Lingkungan. Standar X #goodevent merupakan hasil kolaborasi komunitas Cleanaction Network dengan Pustanlinghut KLHK, Standar X ZWTL merupakan hasil kolaborasi Waste4change dengan Pustanlinghut KLHK, dan Standar X Jasa Klining Ramah Lingkungan merupakan kolaborasi Asosiasi Pengusaha Jasa Klining Indonesia dengan Pustanlinghut KLHK.

STANDAR D

Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, pesatnya urbanisasi yang diikuti perkembangan perkotaan, meningkatknya kesadaran untuk aktif bertanggung-jawab terhadap alam dan lingkungan, mengakibatkan adanya cara pandang baru dari generasi mileneal tentang bagaimana meraka akan menjalankan gaya hidup mereka di perkotaan.

Standar D adalah seri standar yang akan dikembangkan oleh Pusat Standardisasi Lingkungan dan kehutanan berdasarkan aspirasi generasi millenial tentang bagaimana cara hidup yang diharapkan nanti pada saat mereka memasuki usia produktif dan berperan dalam menentukan tata kehidupan. Dengan inisiasi Standar D ini diharapkan menjadi acuan dalam menjembatani perubahan dari standar yang saat ini berlaku menuju standar yang akan berlaku pada masa mendatang. Dengan ada jembatan ini akan memudahkan proses transisi agar lompatan menuju gaya hidup ramah lestari dan ramah lingkungan berjalan mulus dan gaya hidup ramah lingkungan yang baru memiliki peran signifikan dalam pelesatrian dan perlindungan lingkungan hidup dan kehutanan.